Kamis, 14 Januari 2021

Elemen-Elemen Kearifan Lokal

1. Pengetahuan Tradisional

Pengetahuan tradisional mencakup informasi dan praktik yang diwariskan dari generasi ke generasi tentang cara-cara hidup yang berkelanjutan dan harmonis dengan lingkungan alam. Ini termasuk pengetahuan tentang pertanian, perikanan, pengobatan, arsitektur, dan pengelolaan sumber daya alam. Misalnya, teknik irigasi subak di Bali atau metode pertanian tumpang sari di Jawa adalah bentuk pengetahuan tradisional yang telah terbukti efektif dan berkelanjutan.

2. Sistem Nilai dan Etika

Sistem nilai dan etika dalam kearifan lokal berfungsi sebagai pedoman moral dan sosial bagi masyarakat. Ini mencakup nilai-nilai seperti gotong royong (kerja sama), kebersamaan, hormat kepada alam, dan keseimbangan hidup. Sistem nilai ini membantu membentuk perilaku individu dan komunitas, serta menciptakan norma-norma sosial yang mendukung harmoni dan kesejahteraan bersama.

3. Adat Istiadat dan Ritual

Adat istiadat dan ritual adalah praktik-praktik budaya yang dilakukan dalam rangka memperingati peristiwa penting, menghormati leluhur, dan menjaga hubungan harmonis dengan alam. Contoh adat istiadat adalah upacara Ngaben di Bali, tradisi Ma'nene di Toraja, atau perayaan Tabuik di Pariaman. Ritual-ritual ini mengandung makna spiritual dan simbolis yang mendalam, serta berfungsi untuk memperkuat identitas budaya dan solidaritas komunitas.

4. Seni dan Budaya

Seni dan budaya lokal mencakup berbagai bentuk ekspresi kreatif seperti tarian, musik, kerajinan tangan, cerita rakyat, dan arsitektur tradisional. Seni dan budaya ini tidak hanya mencerminkan keindahan estetika, tetapi juga mengandung nilai-nilai filosofis dan historis yang penting. Misalnya, batik di Jawa atau ukiran Dayak di Kalimantan adalah bentuk seni yang kaya akan simbolisme dan makna budaya.

5. Bahasa dan Sastra

Bahasa dan sastra adalah alat utama untuk mentransmisikan kearifan lokal dari generasi ke generasi. Melalui bahasa, pengetahuan, nilai-nilai, dan tradisi dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan. Cerita rakyat, mitos, legenda, dan prosa tradisional adalah contoh bagaimana bahasa dan sastra digunakan untuk menjaga dan menyebarkan kearifan lokal. Bahasa daerah juga memainkan peran penting dalam mempertahankan identitas budaya dan keberagaman linguistik.

6. Teknologi dan Praktik Tradisional

Teknologi dan praktik tradisional mencakup metode-metode yang dikembangkan oleh masyarakat lokal untuk memecahkan masalah sehari-hari dan memenuhi kebutuhan mereka. Ini bisa berupa teknik bertani, cara membuat alat-alat, sistem irigasi, atau metode bangunan. Praktik seperti sistem pertanian ladang berpindah, tenun ikat, atau penggunaan tumbuhan obat adalah contoh teknologi tradisional yang kaya akan pengetahuan ekologis dan praktis.

7. Struktur Sosial dan Kepemimpinan

Struktur sosial dan kepemimpinan dalam masyarakat tradisional sering kali berbasis pada kearifan lokal. Sistem kepemimpinan adat, seperti kepala suku, pemangku adat, atau tetua masyarakat, memainkan peran penting dalam menjaga dan mengelola kearifan lokal. Mereka bertanggung jawab untuk memelihara tradisi, menyelesaikan konflik, dan membuat keputusan yang berhubungan dengan kesejahteraan komunitas.

Selasa, 08 Desember 2020

Sejarah Singkat Perkembangan al-Hadis

 Para muhadditsin membagi perkembangan hadis itu kepada tujuh periode, yaitu:

a.   Periode wahyu dan pembentukan hukum (masa Nabi: 13 SH 10 H).

Pada periode ini, Nabi melarang menulis hadis secara umum, karena dikhawatirkan terjadinya percampuran antara al-Qur'an dengan hadis (pendapat umum). Menurut Dr. Quraisy Shihab, M.A., larangan tersebut disebabkan karena kurangnya fasilitas dan bahan-bahan yang dapat digunakan untuk menulis, serta kurangnya sahabat yang dapat menulis. Nabi hanya memperkenankan menulis hadis secara pribadi bagi Abdullah Ibn Amr Ibn Hazm.

b.   Periode pembatasan riwayat (masa al-Khulafa al-rasyidin : 11 – 40 H).

Pembatasan riwayat (kisah israiliyat) dilakukan oleh para sahabat Nabi waktu itu, guna mencegah kemungkinan timbulnya hadis palsu, sedangkan perhatian mereka difokuskan kepada kodifikasi al-Qur'an.

c.   Periode pencarian hadis (masa generasi tabi'in dan sahabat-sahabat muda: 41-akhir abad I H).

Pada masa ini ekspansi kekuasaan Islam sangat meluas, sehingga umat Islam banyak menghadapi persoalan baru yang belum tegas dalam al-Qur'an, karena itu hadis Nabi sangat dibutuhkan untuk mendampingi al-Qur'an, maka sahabat-sahabat muda berupaya untuk mencari dan mengumpulkan hadis-hadis Nabi sebagai langkah awal kodifikasi hadis pada periode berikutnya.

d.   Periode kodifikasi atau pembukuan hadis (permulaan abad II H).

Hadis-hadis yang berhasil dikumpulkan pada periode sebelumnya, kemudian dikodifikasi pada periode ini atas inisiatif  Umar Ibn  Abd al-Azi, khalifah yang kedelapan dari Dinasti Umayyah.

e.   Periode penyaringan dan seleksi hadis (awal abad III H sampai selesai)

Masa ini merupakan masa keemasan dari perkembangan hadis Nabi, karena pada masa inilah munculnya berbagai disiplin ilmu hadis, dan munculnya hadis-hadis Nabi yang dapat dijadikan hujjah (dalil) serta hadis-hadis yang tidak dapat dijadikan hujjah, sebagai hasil ijtihad dari pada ulama hadis. Berbagai kitab hadis telah berhasil disusun oleh ulama selektor hadis pada masa ini, misalnya: kitab al-shahihain, rawah al-khamsah, kutub al-sittah dan  rawah al-sab`ah, dan seba-gainya.

f.    Periode penyusunan kitab-kitab koleksi hadis (awal abad IV H sampai jatuhnya Bagdad pada tahun 656 H atau 1258 M.)

g.   Periode pembuatan kitab syarah dan takhrij hadis serta penyusunan kitab-kitab koleksi hadis yang lebih umum, yang dilakukan oleh ulama-ulama hadis dan fiqh sesudah jatuhnya Bagdad (656 H) sampai masa renaissance dalam pemikiran ajaran Islam, dan masih berlangsung sampai sekarang ini.

Senin, 07 Desember 2020

Perbedaan al-Qur`an dan Hadis sebagai Sumber Hukum

Walaupun al-Qur'an dan hadis sama-sama sebagai sumber hukum Islam, namun di antara keduanya terdapat perbedaan-perbedaan yang cukup prinsipil, antara lain sebagai berikut:

a.  Al-Qur'an adalah qath'i (mutlak) nilai kebenarannya, sedangkan hadis adalah dhanni (relatif), kecuali hadis mutawatir.

b.   Seluruh ayat al-Qur'an mesti dijadikan sebagai pedoman hidup, sedangkan hadis tidak seluruhnya dapat dijadikan sebagai pedoman hidup; karena di samping ada hadis yang tasyri ada juga hadis yang ghairu tasyri, di samping ada hadis yang shahih ada pula hadis yang dha`if dan seterusnya.

c.   Al-Qur'an sudah pasti autentik lafadz dan maknanya, sedangkan hadis tidak.

d.  Apabila al-Qur'an berbicara tentang masalah-masalah aqidah atau hal-hal yang gaib, maka setiap muslim wajib mengimaninya. Tetapi, tidak harus demikian apabila masalah-masalah tersebut diungkapkan oleh hadis.

Berdasarkan perbedaan-perbedaan tersebut, maka penerimaan seorang muslim terhadap al-Qur'an hendaknya didasarkan atas keyakinan yang kuat. Sedangkan penerimaannya terhadap hadis harus didasarkan atas keragu-raguan (dugaan-dugaan) yang kuat. Hal ini bukan berarti ragu kepada Nabi, tetapi ragu apakah hadis itu betul berasal dari Nabi atau tidak, karena adanya proses sejarah kodifikasi hadis yang tidak cukup memberikan jaminan keyakinan, sebagaimana jaminan keyakinan terhadap  al-Qur'an.

(dari berbagai sumber)

 

 

Sabtu, 05 Desember 2020

Hubungan al-Sunnah dengan al-Qur'an

Dalam hubungannya dengan al-Qur`an maka al-Sunnah berfungsi sebagai berikut:

  • Bayan tafsir, yaitu menerangkan ayat-ayat yang sangat umum, mujmal dan musytarak. Seperti hadits: Shalluw kama raaitumuni ushalli (shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat), adalah merupakan tafsiran daripada ayat-ayat al-Quran yang umum, yaitu Aqimuw al-shalah (kerjakanlah shalat).
  • Bayan taqrir, yaitu memperkokoh dan memperkuat pernyataan al-Qur'an. Seperti Hadis yang berbunyi: Shuwmuw li ru`yatihi wa afthiruw li ru`yathi (berpuasalah karena melihat bulan dan berbukalah karena melihatnya) adalah memperkokoh ayat al-Qur`an surah al-Baqarah (2):185).
  • Bayan tawdhih, yaitu menerangkan maksud dan tujuan sesuatu ayat al-Qur`an, seperti pernyataan Nabi: Allah tidak mewajibkan zakat melainkan supaya menjadi baik harta-hartamu yang sudah dizakati; adalah tawdhih (penjelasan) terhadap ayat al-Qur`an dalam surah al-Taubah (9): 34.