- Terikat pada Tradisi: Kearifan lokal sering kali berasal dari tradisi turun-temurun yang dipertahankan dari generasi ke generasi dalam suatu komunitas (Koentjaraningrat 124; Budiwanti 45).
- Berkaitan dengan Lingkungan: Kearifan lokal umumnya berkaitan erat dengan lingkungan alam sekitar, seperti praktik pertanian tradisional, pengelolaan sumber daya alam, dan pengetahuan tentang ekosistem lokal (Lestari 67-68; Rachman 120-121).
- Konteks Budaya: Pengetahuan ini sering kali berakar pada budaya setempat, termasuk adat istiadat, upacara, seni, dan sistem nilai yang unik bagi suatu kelompok masyarakat (Geertz 112-113; Asy'ari 50-51).
- Mengutamakan Kebersamaan: Kearifan lokal sering menekankan pentingnya kebersamaan, gotong royong, dan solidaritas dalam masyarakat, serta mengutamakan kepentingan komunitas di atas kepentingan individu (Sumarsono 19-20; Yusuf 198).
- Solusi Masalah Lokal: Kearifan lokal biasanya menawarkan solusi yang praktis dan berkelanjutan terhadap masalah atau tantangan lokal, seperti metode pengolahan pangan tradisional atau cara-cara pencegahan bencana (Suryani 200; Lestari 70-71).
- Adaptif dan Fleksibel: Kearifan lokal mampu beradaptasi dengan perubahan waktu dan keadaan, tanpa kehilangan esensi dan relevansinya (Rosyadi 45-46; Halimah 90-91).
- Mengandung Nilai-nilai Etis: Kearifan lokal memuat norma dan nilai-nilai etis, seperti penghormatan terhadap orang tua, keseimbangan hidup, dan penghormatan terhadap alam (Nasr 56-57; Darmawan).
- Pewarisan Melalui Praktik Sosial: Pengetahuan dan praktik kearifan lokal sering kali diwariskan melalui cerita lisan, pelatihan langsung, dan partisipasi dalam kegiatan komunitas (Arianto 78-79; Geertz 117).
- Interkoneksi dengan Sistem Kepercayaan: Kearifan lokal biasanya terintegrasi dengan sistem kepercayaan atau religius masyarakat, sering kali mencakup ritual atau praktek yang memiliki makna spiritual (Budiwanti 50; Mulyadi).
- Fungsi Praktis: Selain memiliki nilai budaya dan spiritual, kearifan lokal juga memiliki fungsi praktis, seperti teknik bertani yang efektif atau metode pengobatan tradisional (Soerjanto 95-96; Nasr 59).
Referensi:
- Budiwanti, Erni. Islam Sasak: Wetu Telu Versus Waktu Lima. LKiS Pelangi Aksara, 2000.
- Geertz, Clifford. The Religion of Java. University of Chicago Press, 1976.
- Koentjaraningrat. Kebudayaan Jawa. Balai Pustaka, 2004.
- Lestari, Ika. Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam. Graha Ilmu, 2016.
- Nasr, Seyyed Hossein. Islam and the Environmental Crisis. Islamic Texts Society, 1996.
- Asy'ari, Suryadi. "Kearifan Lokal dalam Perspektif Islam: Studi Kasus Upacara Adat di Banyuwangi." Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, vol. 2, no. 1, 2012, pp. 47-58.
- Rachman, Akbar. "Adaptasi Budaya dan Praktek Keagamaan Masyarakat di Kawasan Pesisir." Jurnal Antropologi Indonesia, vol. 36, no. 2, 2015, pp. 119-133.
- Suryani, Intan. "Kearifan Lokal dalam Membangun Ketahanan Sosial." Jurnal Penelitian Sosial dan Ekonomi Kehutanan, vol. 15, no. 3, 2018, pp. 193-205.
- Sumarsono, Teguh. "Menguatkan Kearifan Lokal di Tengah Modernisasi: Studi Kasus Desa Adat di Bali." Proceedings of the Seminar Nasional Kebudayaan Nusantara, 12-15 Okt. 2017, Universitas Udayana, Bali.
- Yusuf, Hermawan. "Peran Kearifan Lokal dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Berkelanjutan." Seminar Nasional Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 25-27 Mar. 2019, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
- Arianto, Sulistyanto. "Integrasi Kearifan Lokal dalam Pendidikan Formal: Studi Kasus di Sekolah Dasar di Yogyakarta." Tesis, Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.
- Halimah, Rachmawati. "Kearifan Lokal dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Kampung Adat Baduy." Disertasi, Universitas Indonesia, 2020.
- Rosyadi, Muhammad. Menggali Kearifan Lokal untuk Pembangunan Berkelanjutan: Pendekatan Partisipatif. Pustaka Pelajar, 2021.
- Soerjanto, Denny. Kearifan Lokal dalam Konteks Globalisasi: Studi Kasus dan Praktik Terbaik. Kompas Gramedia, 2023.